Kamis, 26 Januari 2017

Kendaraan Bermotor Indonesia

Rental Mobil Ketapang Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menyebutkan, setidaknya ada tiga tantangan yang akan dihadapi industri otomotif nasional pada tahun ini.
Sekretaris Umum Gaikindo, Kuku Kumara mengatakan, tantangan pertama yakni memproduksi mobil yang mengedepankan isu energi dan lingkungan.
"Beberapa negara tujuan ekspor otomotif Indonesia, seperti Timur Tengah, sudah mulai menerapkan pajak emisi karbon. Indonesia masih menerapkan standar Euro2, itu pun tidak penuh," kata Kuku di Jakarta.
Tantangan kedua yakni memproduksi mobil dengan standar keamanan yang lebih ketat. Dia mencontohkan, Indonesia sampai saat ini hanya mewajibkan penggunaan sabuk pengaman di kursi depan saja.
"Perkembangan lebih maju, airbag juga jadi teknologi keamanan yang saat ini makin meningkat. Ini yang harus dikejar industri otomotif Indonesia ke depan," ujar dia.
Terakhir adalah isu perdagangan bebas. Saat ini, kompetisi kendaraan semakin meningkat. Karena, banyaknya pilihan jenis kendaraan, lantaran tarif impor yang rendah.
"Masuknya CBU (completely built up)berkompetisi dengan produk dalam negeri. Makin banyak pilihan, impor biaya masuk relatif murah, bahkan relatif nol. Inilah persaingan yang ada," katanya.
Meski demikian, ia optimistis penjualan mobil tahun ini akan naik. "Kami optimis bisa tumbuh lebih dari enam persen. Kalau dilihat, pertumbuhan penjualan naik sekitar 4,5 persen dibanding sebelumnya."
Honda dijadwalkan akan meluncurkan Sport Utility Vehicle(SUV) kompak terbaru, WR-V, yang akan berhadapan dengan sejumlah kompetitor. Sebut saja Ford Ecosport, Hyundai i20, serta Suzuki Vitara Brezza. Peluncuran akan dilakukan beberapa bulan ke depan di India.
Dilansir Autocar, Kamis, 26 Januari 2017, mobil yang sudah mengaspal perdana di Brasil ini diharapkan akan menjadi napas baru Honda untuk mendulang penjualan di segmen SUV kompak. Setidaknya ada lima fakta seputar Honda WR-V yang patut diketahui publik. Apa saja? Berikut ulasannya:
1. Dibangun dari Jazz
Honda WR-V merupakan kendaraan SUV kompak yang dibangun dari platform hatchback Jazz. Dengan begitu, akan ada beberapa kesamaan WR-V dengan Honda Jazz, meski tubuhnya agak jangkung.
2. Wajahnya tak begitu mirip
Meski dibangun dari model Jazz, wujud WR-V tak begitu mirip dengan Jazz. Sebagai contoh, pada bagian wajah depan, lampunya terlihat berbeda, lebih agresif, serta bumper berotot. Sementara itu, fender dan pintu sama dengan Jazz, tetapi dengan penambahan fitur cladding. WR-V juga berbeda dengan Jazz dari sisi tailgate dan bumper.
3. Berbagi mesin dengan Jazz
WR-V akan mendapatkan mesin dan gearbox yang sama dengan Honda Jazz. Mesin yang dibenamkan yakni bensin 1,2 liter i-VTEC yang dikawinkan dengan transmisi manual lima-percepatan, serta 1.5 liter Earth Dream diesel i-DTEC yang dikawinkan dengan transmisi manual enam-percepatan.
4. Berbagi interior dengan Jazz
Desain kabin dan ruang yang ditawarkan bakal serupa dengan hatchback Jazz. Langkah ini ditempuh Honda agar menjaga biaya WR-V tak melambung tinggi dan dapat disesuaikan dengan pasar yang dibidiknya.
5. Meluncur Maret 2017
Di Brasil, WR-V telah meluncur pada awal November 2016, di ajang Sao Paolo Motor Show. Sementara itu, di India, WR-V akan datang pada Maret 2017. Mobil ini akan diposisikan di atas Jazz, dan akan bersaing dengan sejumlah kompetitor sekelas. Akankah masuk Indonesia? Kita tunggu kabar selanjutnya.
Rencana Kementerian Perindustrian untuk menghadirkan mobil pedesaan yang dikhususkan memfasilitasi masyarakat menengah ke bawah, hingga kini terus dikembangkan. Jadwal peluncurannya tak lama lagi akan dilakukan.
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, sampai saat ini proses pengembangannya masih dalam tahap pembuatan purwarupa. 
"Untuk model pedesaan, purwarupanya sudah jalan 100 ribu kilometer. Tapi, ada pengembangan desain lagi," kata Arilangga beberapa waktu lalu.
Terkait hal tersebut, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia mengatakan, mereka tak terlibat dalam proyek mobil pedesaan tersebut.
Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara mengungkapkan, proyek mobil pedesaan bukan jenis kendaraan yang diproduksi secara massal.
"Ini semacam kebijakan tersendiri, dan ini hanya upaya untuk penuhi kebutuhan angkutan di desa atau di daerah-daerah. Jadi, ini bukan produksi massal," kata Kukuh di Jakarta.
Dia mengaku belum bisa menilai, apakah mobil yang dikembangkan Kemenperin itu akan memengaruhi industri pabrikan yang memproduksi mobil komersial. Alasannya, proyek mobil pedesaan juga sampai saat ini masih belum jelas.
Tak dipungkiri jika knalpot after market menjadi salah satu buruan utama bagi para pecinta sport car. Nah, dalam kesempatan ini,VIVA.co.id akan mengulas beberapa knalpot yang paling banyak diburu, khususnya buatan Eropa.
Ya, merek ternama seperti Akrapovic, Armytrix dan Eisenmann kerap diburu karena ketiga merek itu sudah dipercaya para pengguna mobil sport, tak terkecuali di Indonesia. Lantas, melihat mobilnya yang memiliki harga miliaran, kira-kira berapa harga knalpotnya?
Dicky, pemilik sebuah toko knalpot di Solo, Jawa Tengah, harga untuk knalpot buatan eropa dan sudah ternama berkisar mulai dari Rp40 juta sampai Rp120 juta.
"Harga sesuai jenis mobil, kalau Akrapovic untuk BMW full sistem Rp50 jutaan, pun dengan Volkswagen GTI dan itu sudah termasuk ongkos pemasangan," ujar Dicky kepada VIVA.co.id saat dihubungi, Rabu, 25 Januari 2017.
Dicky mengatakan, dibengkelnya ini memang rata-rata hanya menyediakan knalpot untuk sport car Eropa. “Kalau Jepang kita juga menyediakan, tapi order dulu,” katanya.
Mercedes-Benz rupanya tengah menyiapkan kejutan untuk para pecinta mobil premium tanah air. Guna mendongkrak penjualan mereka di 2017, Mercedes-Benz Indonesia mengaku telah menyiapkan tiga kejutan untuk konsumen tanah air.
Hal itu diungkapkan Business & Network Development Sales Operation Mercedes-Benz Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto. “Jadi, E 250 Avantgarde Line, dan E 300 AMG Line itu kan versi rakitan lokal baru meluncur. Nanti rencananya akan ada tiga lagi," katanya.
Untuk tiga produknya itu, Kariyanto menjelaskan hanya berupa model penyegaran saja atau facelift, bukan produk baru.
"Bukan baru. Kadang minor change, kadang ada penambahan pelek atau yang lain. Bukan tiba-tiba ada model baru," katanya.
PT Suzuki Indomobil Sales bekerja sama dengan jaringan diler resminya, Megah Putra Sejahtera Makassar, di Sulawesi Selatan, memberikan program servis gratis dan diskon suku cadang bagi pengguna SX4.
Servis gratis yang dimaksud meliputi ganti oli dan 23 pemeriksaan. Selain itu, ada juga diskon sebesar 25 persen untuk suku cadang dan 10 persen untuk jasa servis berikutnya, jika ada rekomendasi onderdil yang harus diganti.
Riecky Patrayudha selaku Service Head SIS mengatakan, acara kampanye servis ini merupakan bentuk pelayanan purna jual bagi para pemilik SX4 yang telah setia memakai kendaraan mereka.
"Kami sangat menghargai partisipasi para pelanggan pada acara ini. Terbukti, acara yang kami selenggarakan ini melebihi target," ujarnya dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Rabu 25 Januari 2017.
Kata dia, SIS akan terus bekerja sama dengan diler-diler yang ada di Indonesia, untuk menggelar program serupa dengan berbagai jenis tipe mobil Suzuki.
Sebagai informasi, saat acara berlangsung, terkumpul 94 pengguna SX4. Selain mengecek kendaraan mereka, konsumen yang datang juga diberi kesempatan mencoba mobil terbaru Suzuki dan melakukan tukar tambah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar